PENGEMBANGAN PERBENIHAN/PERBIBITAN (HORTIKULTURA)

Benih merupakan produk akhir dari suatu program pemuliaan tanaman khususnya komoditi Hortikultura, yang pada umumnya memiliki karakteristik keunggulan tertentu, mempunyai peranan yang vital sebagai penentu batas-atas produktivitas dan dalam menjamin keberhasilan budidaya tanaman. Benih tanaman sangat berperan dalam pengembangan komoditi Hortikultura. Benih adalah faktor penentu keberhasilan budidaya tanaman. Benih dengan kualitas baik dan seragam akan menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Ketidak-murnian benih yang ditanam akan mengakibatkan penurunan produksi dan mengakibatkan penurunan pendapatan atau bahkan rugi.

Dalam upaya membentuk petani yang yang produktif, Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Perbenihan/Perbibitan, khususnya tanaman hortikultura sehingga terbentuk kawasan hortikultura.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 September 2019 di kelompok tani Muda Karya Desa Gedang, Kecamatan Sungai Penuh dengan komoditi bawang merah. Adapun tujuan dari Kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk peningkatan produksi dan mutu hasil usaha pertanian, yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan petani dan kesejahteraan keluarga, serta meningkatnya SDM Penangkar/Petugas.

Tinggalkan Balasan