SOSIALISASI PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI & PEMBEKALAN e-RDKK DI LINGKUP DTPHP KOTA SUNGAI PENUH TAHUN ANGGARAN 2019

Dalam rangka mendukung upaya pencapaian sasaran produksi pertanian yang terus meningkat, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh telah melaksanakan Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi & Pembekalan e-RDKK Tahun Anggran 2019.

Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi & Pembekalan e-RDKK Tahun Anggran 2019 ini telah dilaksanakan selama 1 (Satu) Hari yaitu pada Hari Kamis Tanggal 21 Maret 2019, jam 08.00 WIB s/d Selesai bertempat di Hotel Arafah, Kota Sungai Penuh yang dihadiri oleh 80 orang yang tersiri dari Sekretaris, Kabid, Kelompok Fungsional dan  Kasi DTPHP Kota Sungai Penuh, Tim Verifikasi Pupuk Bersubsidi Tingkat dan kecamatan Koordinator BPP dan Kepala Cabang DTPHP , Petugas Entry dan Updating e-RDKK, Ketua KTNA, Distribotor pupuk, Produsen Pupuk, Kios Pengencer dan BPSB Kota Sungai Penuh.

Maksud dan Tujuan Kegiatan Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi & Pembekalan e-RDKK Tahun Anggran 2019 adalah:

  1. Mensosialisasikan Kebijakan Kementerian Pertanian perihal Pupuk Bersubsidi dan Kartu Tani
  2. Menyatukan Persepsi dan Meningkatkan Pengetahuan Petugas yang terlibat dalam penyaluran Pupuk Bersubsidi
Sambutan dan Arahan Kepala DTPHP Kota Sungai Penuh

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh “Upaya persiapan pelaksanaan penerapan Kartu Tani dalam Penyaluran Pupuk Bersubsidi, penyediaan RDKK dilakukan melalui RDKK elektronik (e-RDKK) sesuai dengan format yang tersedia untuk Kota Sungai Penuh”, data kelompok yang telah disampaikan melalui updating e-RDKK sebanyak 444 kelompok tani.  

Penyusunan RDKK dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 67/Permentan/SM.050/12/2016 tentang Pembinaan Kelembagaan Petani, dimana Kelompok tani mengajukan rencana kebutuhan pupuk bersubsudi yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usahatani yang diusahakan, dengan format RDKK.

Kebutuhan pupuk bersubsidi bagi kelompok tani tanaman pangan/ hortikultura/ perkebunan/ peternakan/ petambak, disusun melalui musyawarah yang dipimpin oleh ketua kelompok tani tersusun dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) dan didampingi Penyuluh Pendamping. Selanjutnya, usulan RDKK dari kelompok tani tersebut direkap secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/ Kota dan Provinsi.

Adapun Narasumber kegiataan Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi & Pembekalan e-RDKK Tahun Anggran 2019 ini berasal dari :

  1. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi
  2. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh

Tinggalkan Balasan