SL-PTT PERKEBUNAN DENGAN SCOPI JAKARTA TAHUN 2019

Serangkaian Pertemuan pada Kegiatan SL-PTT telah dilewati hingga tiba saatnya untuk pertemuan penghujung, untuk itu maka kami mengundang SCOPI untuk hadir dalam rangkaian kegiatan SL-PTT Perkebunan Tahun 2019. Kegiatan Ini dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 18 September 2019 bertempat di Kelompok Tani Luhah Pelebung Desa Sumur Gedang Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh.

Perlu kiranya kami sampaikan materi apa saja yang disampaikan dalam kegiatan SL-PTT Perkebunan Tahun 2019. SL-PTT merupakan Sekolah Lapang Penerapan Teknologi Terpadu yang mempedomani beberapa Komponen Teknologi Yaitu : (1) Penggunaan Varietas Unggul Baru (Vub) Berlabel Yang Berdaya Hasil Tinggi, Bernilai Ekonomi Tinggi. (2) Pemupukan Berimbang Dan Sesuai Kebutuhan Tanaman. (3) Penggunaan Pupuk Organik Berupa Kompos Dan Pupuk Kandang Sebagai Penyedia Hara Dan Pembenah Tanah. (4) Penggunaan Alat Mesin (Alsin) Berupa Alat Pra Panen Dan Pasca Panen Untuk Menekan Kerusakan Hasil. (5) Pengairan Dan Pompanisasi Dengan Pemanfaatan Air Irigasi, Air Hujan. (6) Penggunaan Benih Bermutu Dengan Varietas Unggul Tahan Terhadap Hama Dan Penyakit, Berpotensi Hasil Tinggi Dan Mutu Hasil Yang Lebih Baik. (7) Penanaman Yang Tepat Waktu, Serentak Dan Jumlah Populasi Yang Optimal Dapat Menghindari Serangan Hama Dan Penyakit. (8) Pemberian Pupuk Secara Berimbang Berdasarkan Kebutuhan Tanaman Dan Ketersediaan Hara Tanah Dengan Prinsip Tepat Jumlah, Jenis, Cara, Dan Waktu Aplikasi. (9) Pemberian Air Pada Tanaman Secara Efektif Dan Efisien Sesuai Dengan Kebutuhan Tanaman Dan Kondisi Tanah. (10) Perlindungan Tanaman Dilaksanakan Untuk Mengantisipasi Dan Mengendalikan Serangan Opt Tanaman Dengan Meminimalkan Kerusakan Atau Penurunan Produksi Akibat Serangan Opt. (11) Penanganan Panen Dan Pasca Panen Tepat Waktu. (Pusbangluhtan, 2008).

kemudian daripada itu beberapa komponen tersebut kita hadirkan dalam bentuk materi pembelajaran orang dewasa adapun materi yang disampaikan yaitu : (1) Penguatan Kelembagaan Kelompok oleh Bapak Hanura, SPKP & Dinamika Kelompok oleh Bapak Edi SP, (2) Teknik Budidaya Tanaman Perkebunan (Kopi) oleh Bapak Karsino, (3) Pemangkasan oleh Bapak Deki Septiajaya, SP & Pengolahan Kopi oleh Bapak Palman Ramos, SP, (4) Pengendalian OPT Tanaman Kopi oleh Bapak Lisman, SP & Pupuk dan Pemupukan oleh Ibu Mayarna, SP, (5) Pembuatan Pupuk Organik / Pestisida Nabati / APH oleh Bapak Eria Zamnel, (6) OPT (Organisme Penganggu Tumbuhan) oleh Bapak Ir. Novizon, MM, (7) Pasar Kopi Sungai Penuh serta Pasca Panen dan Pengolahan Kopi oleh Bapak Wildan Mustofa (SCOPI).

“Do It Right The First Time (DRIFT)”

Penyerahan Sertifikat SL-PTT TA 2019 oleh Kepala Bidang Perkebunan Bapak Madya Putra, SP, MM
Penyerahan Sertifikat SL-PTT TA 2019 oleh Bapak Wildan Mustofa
Salam Benih dari Peserta SL-PTT Tahun 2019 Kota Sungai Penuh

Tinggalkan Balasan