PEMANFAATAN PEKARANGAN UNTUK PENGEMBANGAN PANGAN

Pada tanggal 29 Agustus 2019 Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh telah melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan yang bertempat di Hotel Matahari 2 Kota Sungai Penuh, acara Sosialisasi ini diikuti oleh POKJA III Tingkat Kota Sungai Penuh, POKJA III Kecamatan lingkup Kota Sungai Penuh, POKJA III Desa Binaan PKK Kota Sungai Penuh tahun 2019 dan PPL terkait. Dengan Narasumber : Ketua TP PKK Kota Sungai Penuh, BPTP Provinsi Jambi dan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai penuh.

Tujuan dari Kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk pmemenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan pendapatan keluarga dengan memanfaatkan lahan dipekarangan. Untuk dapat mewujudkan kemandirian pangan di Kota Sungai Penuh, selain peningkatan produktivitas dengan menerapkan teknologi produksi antara lain melalui pengelolaan tanaman terpadu juga dapat dilakukan dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk usaha berbagai komoditas kebutuhan keluarga (tanaman, ternak dan ikan) walaupun masih ada di beberapa wilayah pedesaan yang sudah berlangsung cukup lama  dan berkembang sampai saat ini, namun demikian harus akui, dan tidak dapat dihindari bahwa diwilayah-wilayah tertentu  telah terjadi pergeseran. Komitmen pemerintah untuk melibatkan rumah tangga dalam mewujudkan kemandirian pangan dapat diaktualisasikan dengan menggerakkan kembali budaya memanfaatkan lahan pekarangan, baik diperkotaan maupun di perdesaan.

Untuk meningkatkan gizi terutama pada gizi mikro masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya, dapat dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dilingkungannya. Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat tersebut di atas adalah dengan pemanfaatan pekarangan yang dikelola oleh keluarga tani sehingga mudah untuk pemeliharaan dan pemanenan hasilnya. Usaha di pekarangan jika dikelola secara intensif sesuai dengan potensi pekarangan, disamping dapat memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga, juga dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga.

Tinggalkan Balasan